PPID Direktorat Jenderal Perkebunan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Direktorat Jenderal Perkebunan

Dukung Pencapaian program Utama Kementan, BPTP Sulawesi Utara Mengikuti Raker Sekretariat Badan Standardisasi Instrumen Pertanian




 Dukung Pencapaian program Utama Kementan, BPTP Sulawesi Utara Mengikuti Raker Sekretariat Badan Standardisasi Instrumen Pertanian

 
MATARAM, Lombok NTB - Mengusung tema "Konsolidasi Manajemen dan Rencana Kerja BSIP Mendukung Pertanian Maju, Mandiri dan Modern, BPTP Sulawesi Utara mengikuti rapat kerja yang dilaksanakan oleh Sekretariat BSIP TA 2022. Rapat kerja (Raker) diselengarakan di Pullman Mandalika Beach Lombok NTB tanggal 25-27 November 2022. Raker diikuti oleh 64 UK/UPT eks. Balitbangtan di seluruh Indonesia yang akan bertranformasi menjadi UK/UPT BSIP sambil menunggu Permentan dan SOTK terbit. Raker diikuti oleh Kepala UPT, Kabag TU, Koordinator Program-Evaluasi, Koordinator KSPHP, beberapa Sub Kordinator KSPP dan Sub Kordinator Program Evaluasi, serta Dharma Wanita Persatuan lingkup UK/UPT BSIP seluruh Indonesia. Raker bertujuan untuk melakukan konsolidasi internal sehubungan dengan adanya transformasi kelembagaan Balitbangtan menjadi BSIP. 
 
Plt.Kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian Prof.Dr.Ir.Fadry Djufry, M.Si, dalam arahannya menyampaikan, transformasi kelembagaan yang dilakukan bertujuan menyongsong BSIP yang lebih baik, dan berharap di minggu kedua bulan Desember di Yogyakarta, bisa melakukan lauching resmi kelembagaan BSIP yang lengkap di seluruh Indonesia. 
 
Agenda Raker konsolidasi internal BSIP membahas materi: 1). Kebijakan dan konsolidasi program standardisasi lingkup Kementerian Pertanian yang disampaikan oleh Sekjen Kementan; 2). Standardisasi Instrumen Pertanian dalam peningkatan hasil dan daya saing produk pangan disampaikan oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, BSN; 3). Pengelolaan dan penguatan lembaga/laboratorium terakreditasi sebagai lembaga penilaian kesesuaian disampaikan oleh Direktur Penguatan Penerapan Standar dan Penilaian Kesesuaian, BSN; 4). Manajemen karir dan pengembangan jabatan fungsional SDM BSIP disampaikan oleh Asdep Manajemen Karir dan Talenta SDM Aparatur, Kemenpan RB; 5). Rencana kerja BSIP disampaikan oleh Sekretaris Balitbangtan; 6). Potensi dan tatakelola kerjasama standardisasi disampaikan oleh Kepala Biro Humas, Kerjasama, dan Layanan Informasi BSN; dan 7). Identifikasi potensi PNBP BSIP disampaikan oleh Direktur PNBP Kemenkeu, serta dilanjutkan dengan sidang kelompok.
 
Diakhir kegiatan (penutupan Raker) Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) hadir dan memberikan arahan, pencerahan serta motivasi kepada peserta raker dan pegawai BSIP seluruh Indonesia untuk senantiasa berkomitmen, menjaga ketahanan pangan dan pertanian kita. Mentan SYL berharap BSIP kedepan dapat lebih banyak lagi menghasilkan benih/bibit unggul yang berkualitas untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian Indonesia.