PPID Direktorat Jenderal Perkebunan

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Direktorat Jenderal Perkebunan

KEMENTAN DUKUNG PERLINDUNGAN INDIKASI GEOGRAFIS PRODUK PERKEBUNAN INDONESIA.




Perlindungan terhadap indikasi geografis memasuki babak baru dalam perkembangan dunia internasional. Indonesia melalui Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian turut berpartisipasi aktif dalam simposium yang diikuti oleh 67 negara. Simposium Indikasi Geografis Internasional yang diinisiasi oleh World Intelectual Property Organization (WIPO) dilaksanakan pada tanggal 2 sd 4 juli 2019 di Lisbon Portugal, pada kegiatan tersebut membahas isu-isu penting dalam indikasi geografis Internasional antara lain tentang pergerakan penduduk, perbedaan peraturan di tiap negara serta perbedaan kepentingan di masing-masing negara.

Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian memberikan dukungan penuh terhadap pembinaan kelompok pemegang indikasi geografis dalam rangka peningkatan kesejahteraan pekebun dan meningkatkan ekspor produk perkebunan.

Pada kunjungan Sekretaris Ditjen Perkebunan ke Duta Besar Indonesia untuk Portugal, Dubes Indonesia untuk Portugal menyampaikan bahwa beliau mendukung penuh perlindungan Indikasi Geografis produk-produk Indonesia, khususnya perkebunan agar dapat dilindungi melalui perjanjian Internasional.